Vitiligo

Vitiligo adalah suatu kondisi di mana kulit Anda kehilangan melanin, vitiligopigmen yang menentukan warna kulit Anda, rambut dan mata. Vitiligo terjadi ketika sel-sel yang memproduksi melanin mati atau bentuk melanin tidak lagi, menyebabkan perlahan memperbesar bercak putih dari bentuk tidak teratur muncul pada kulit Anda.

Vitiligo mempengaruhi semua ras, tetapi mungkin lebih terlihat pada orang dengan kulit lebih gelap. Vitiligo biasanya dimulai sebagai daerah kecil kehilangan pigmen yang menyebar dengan waktu. Tidak ada obat untuk vitiligo. Tujuan dari pengobatan adalah untuk menghentikan atau memperlambat perkembangan kehilangan pigmen dan, jika Anda inginkan, mencoba untuk kembali beberapa warna kulit Anda.

Tanda utama vitiligo adalah:

1. Hilangnya pigmen yang menghasilkan bercak susu putih (depigmentasi) pada kulit Anda
Lain tanda-tanda kurang umum mungkin termasuk:

2. Prematur pemutihan atau beruban rambut di kulit kepala Anda, bulu mata, alis atau jenggot
3. Kehilangan warna dalam jaringan yang melapisi bagian dalam mulut Anda (selaput lendir)
4.Kehilangan atau perubahan warna dari lapisan dalam mata Anda (retina).

Meskipun setiap bagian dari tubuh Anda dapat dipengaruhi oleh vitiligo, depigmentasi biasanya berkembang       pertama pada daerah yang terpapar sinar matahari kulit Anda, seperti tangan, kaki, lengan, wajah dan bibir. Alat kelamin mungkin juga terpengaruh. Meskipun dapat mulai pada usia berapa pun, vitiligo sering pertama muncul antara usia 10 dan 30.

Vitiligo umumnya muncul dalam salah satu dari tiga pola:

Generalized. Dalam subtipe ini paling umum, kehilangan pigmen tersebar luas di banyak bagian tubuh Anda, sering simetris. Segmental. Hilangnya warna kulit terjadi hanya pada satu sisi tubuh Anda. Tipe ini cenderung terjadi pada usia yang lebih muda, kemajuan selama satu atau dua tahun, kemudian berhenti. Focal. Depigmentasi terbatas pada satu atau beberapa daerah tubuh Anda. Kursus alami vitiligo sulit untuk memprediksi. Kadang-kadang patch berhenti membentuk tanpa pengobatan. Dalam kebanyakan kasus, hilangnya pigmen menyebar dan akhirnya dapat melibatkan sebagian besar permukaan kulit Anda.

Temui dokter Anda jika daerah kulit Anda, rambut atau mata kehilangan mewarnai. Meskipun tidak ada obat untuk vitiligo, pengobatan ada yang dapat membantu untuk menghentikan atau memperlambat proses depigmentasi dan berusaha untuk kembali beberapa warna kulit Anda.